Monday, January 9, 2012

Begini rasanya Konten Blog Kita di Jiplak

Mungkin temen-temen blogger pernah mersakan tulisan di blognya di jiplak sampai titik koma, alias copy paste or Plagiat. Hampir semua artikel di blog ini saya tulis sendiri, jadi ketika seseorang copy paste artikel pada blog saya tanpa menyertakan link sumber, ada sedikti perasaan jengkel. Saya memang bukan master-master amat pada bidang IT, tapi apa yang saya ketahui pasti akan saya coba share di sini, agar bisa menjadi archive bagi temen-temen yang membutuhkan di kemudian hari.

Mungkin langsung saya sebut saja, saudara/saudari owner dari http://adagratis.com, banyak sekali melakukan plagiat dari tulisan saya di blog ini,,coba anda cek di http://adagratis.com/download-theme-windows-7-bagian-3.html sampai link-link terkait lupa di hapus segala. dan masih banyak lagi artikel yang lainnya. Jika sobat adagratis.com ingin posting ini saya hapus, tolong hapus tulisan saya, atau tambahkan link sumber di website sobat, dan  konfirmasi lewat email atau nomor contack yang ada di blog saya ini.
Tulisan pada Blog saya emensite.blogspot.com memperbolehkan untuk diposting ulang asalkan menyertakan link sumber emensite.blogspot.com. Seperti site http://www.hi-techmall.org/ walaupun mencopy full tulisan yang saya buat, tapi tetap menyertakan link sumber.

Bagi temen-temen blogger yang ingin melihat siapa saja yang melakukan plagiat bisa sobat cek di http://www.copyscape.com/,

Memang belum ada badan yang khusus menangani masalah palgiat konten website/blog. Bagi rekan-rekan yang menjadi korban, mungkin hanya bisa memberikan peringatan jika web/blog yang melakukan plagiat jika memiliki nomor kontak/email pemilik web atau blog tersebut, jika tidak sobat bisa membuat tulisan seperti tulisan yang saya buat ini.

sekian,,,

0 comments:

Post a Comment